Lihat Produk Kami
Lihat Produk Kami
Berita

Mahasiswa KKN – 19 UTM Gelar Pembelajaran Tentang Sistem Pencernaan Manusia di SDN Batukerbuy 2 Pasean

70
×

Mahasiswa KKN – 19 UTM Gelar Pembelajaran Tentang Sistem Pencernaan Manusia di SDN Batukerbuy 2 Pasean

Sebarkan artikel ini


KKN Kelompok 19 Universitas Trunojoyo Madura melakukan sebuah program Go To School di SDN 2 Batukerbuy, Pasean, Pamekasan.

Program Go To School atau dapat dikatakan sebagai kegiatan mengajar di sekolah merupakan suatu kegiatan mengajar yang bersifat inovatif, partisipatif, serta interaktif. Kegiatan pembelajaran diberikan secara menarik dan menyenangkan. Program mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa KKN 19 UTM menjadi langkah yang melibatkan partisipasi aktif dari berbagai pihak termasuk siswa dan guru SDN 2 Batukerbuy.

Program Go To School diharapkan menjadi wadah dalam pengoptimalan ilmu dan pengetahuan baik antara mahasiswa, siswa, serta guru SDN 2 Batukerbuy. Program Go to School berlangsung sejak 16-22 Juli 2024 . Dengan menghadirkan kegiatan belajar yang inovatif dan interaktif bagi para siswa, serta menjadi sarana bagi para mahasiswa KKN untuk mengimplementasikan keilmuan dan pengetahuan yang dimiliki. Selain memberikan program mengajar di kelas 5 dan 6, kegiatan Program Kegiatan Mengajar dengan menghadirkan media pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif dari para siswa SDN 2 Batukerbuy, Pasean, Pamekasan.

Foto Bersama Mahasiswa KKN-19 Universitas Trunojoyo Madura dengan Siswa Kelas 4 SDN Batukerbuy 2, Senin
(22/07/2024). Foto : dokumen pribadi

Pemilihan materi media pembelajaran dengan sasaran siswa kelas 4 SDN 2 Batukerbuy disesuaikan dengan kebutuhan pemahaman siswa kelas 4 mengenai sistem pencernaan manusia. Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bervariasi, interaktif dan menyenangkan bagi para siswa, sekaligus menjadi wadah mahasiswa KKN untuk mengaplikasikan pengetahuan dan
keterampilan mereka dalam praktik di lapangan.

Erika, pemateri pada kegiatan media pembelajaran ini menjelaskan bahwa penentuan materi sistem pencernaan manusia dengan sasaran siswa kelas 4 SDN 2 Batukerbuy diselaraskan dengan kebutuhan akan penguatan pemahaman mengenai sistem pencernaan manusia. Sebelum menentukan materi, kami terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak wali kelas 4 SDN 2 Batukerbuy mengenai materi-materi yang disarankan dan disesuaikan dengan pengetahuan yang dibutuhkan, serta efektivitas media yang akan digunakan dan diterima oleh siswa agar dapat dengan mudah dipahami”, jelasnya.


Sistem pencernaan merupakan salah satu materi penting dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA) di Sekolah Dasar (SD). Program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas
Trunojoyo Madura di SD Negeri Batukerbuy 2 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang
sistem pencernaan manusia melalui media pembelajaran interaktif.

Media pembelajaran yang telah diberikan ini diharapkan dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah dan menyenangkan, sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan semangat belajar mereka.

Foto bersama PJ Go To School KKN-19 Universitas Trunojoyo Madura dengan media pembelajaran sistem
pencernaan manusia



Pada kegiatan pembuatan media pembelajaran diawali dengan memberikan penjelasan mengenai
proses pencernaan pada manusia. Pada penjelasan materi kepada siswa kelas 4 diberikan pemahaman yang disesuaikan dan diselaraskan dengan kebutuhan siswa agar mudah dipahami dan dimengerti. Dilanjutkan dengan proses pembuatan media pembelajaran yang mengikutsertakan para siswa hingga pada tahap praktik dalam penggunaan media pembelajaran tersebut.

Dengan melibatkan partisipasi aktif dari para siswa, penguatan akan materi sistem pencernaan manusia akan lebih efektif. Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bervariasi, interaktif dan menyenangkan bagi para siswa, sekaligus menjadi wadah mahasiswa KKN untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam praktik di lapangan.
Penulis : Tim KKN Kelompok 19 Universitas Trunojoyo Madura
Dpl : Darul Islam, SE., M.M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *